6 Cara Mengatur Sistem Keuangan Anda Agar Tetap Stabil

6 Cara Mengatur Sistem Keuangan Anda Agar Tetap Stabil – Hal yang terkadang orang lupakan namun sangat berpengaruh ialah hal yang menyangkut finansial. Bagaimana tidak, hampir semua barang atau produk bisa didapatkan dengan menggunakan uang, meskipun tidak semua. Belakangan ini, di negara kita khususnya beberapa barang primer seperti sembako dan bahan bakar minyak menunjak naik. Rasanya wajar saja hal itu terjadi mengingat bahwa nilai rupiah yang semakin lama semakin merosot. Sayangnya dampak dari merosotnya nilai rupiah dimata dunia bukan hanya berdampak pada bahan baku utama saja, namun juga mempengaruhi beberapa sektor lainnya seperti sektor kesehatan, pendidikan, dan juga perindustrian.

Untuk tetap bisa menjaga keuangan anda agar stabil, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Meskipun nilai rupiah turun dibandingkan dengan dolar, namun management finansial anda harus tetap stabil. Berikut adalah beberapa Cara Mengatur Sistem Keuangan Anda Agar Tetap Stabil yang bisa anda lakukan, yaitu :

 

Cara Mengatur Sistem Keuangan Tetap Stabil

  1. Gaya Hidup Sederhana

Untuk yang pekerja kantoran, dengan gaji yang anda terima setiap bulannya harus anda bisa menghitung berapa besar pengeluaran anda setiap harinya. Meskipun ada kemungkinan tahun depan gaji anda kan naik, namun hal tersebut bukan berarti bahwa gaya hidup anda menjadi boros. Seberapapun besar gaji yang anda terima dari tempat anda bekerja jika gaya hidup yang anda terapkan maka selamanya anda akan merasa kekurangan, untuk itu terapkanlah gaya hidup yang sederhana sehingga andapun nantinya akan bisa menabung untuk investasi masa depan anda nantinya.

 

  1. Buatlah RAB/Bulan untuk Pembelanjaan Anda

Masih berkaitan dengan perihal yang sudah dibahas pada point pertama diatas, jika pendapatan anda dari sebuah perusahaan sudah stabil, maka kini untuk bisa menjaga keuangan anda tetap stabil ialah dengan langkah membuat rincian anggaran pembelanjaan anda perbulan. Gaji anda sudah pasti nominalnya, meskipun berubah pasti hanya sedikit saja, namun pengeluaran anda yang perlu anda atur sehingga anda bisa menganalisa berapa pengeluaran anda setiap bulannya. Buatlah catatan keperluan anda tersebut sehingga terkesan lebih rapi.

 

  1. Menabung Dan Berinvestasi

Untuk lebih mengamankan keuangan anda, baik dalam kondisi yang normal ataupun dalam kondisi yang tidak terduga, sebaiknya sejak dini anda sudah muai untuk menabung. Yang perlu anda ketahui ialah bahwa menabung bukan hanya dalam bentuk uang saja, namun bisa juga dalam bentuk barang. Ini lebih dikenal dengan istilah investasi. Terdapat banyak barang yang bisa anda jadikan sebagai investasi anda, contohnya saja seperti tas, emas, tanah, hewan kandang, warung, dan masih banyak lagi contoh investasi yang lainnya. Investasi juga akan bisa membantu anda ketika suatu saat terjadi kebutuhan yang tak terduga jadi anda masih bisa menjualnya.

 

  1. Anggap Tabungan Sebagai Tagihan

Jika anda merupakan salah satu orang yang susah untuk menabung, maka untuk tetap bisa menjaga dan mengatur keuangan anda tetap stabil anda bisa menerapkan pola pikir bahwa tabungan anda adalah tagihan anda. Dengan menerapkan pola pikir seperti itu maka menabung merupakan hal yang harus anda lakukan, bagaimanapun caranya anda harus membayar tagihan anda tersebut. Biasanya ketika pertama-tama menerapkan konsep ini memang sedikit susah, namun lama-kelamaan konsep pola pikir ini pasti akan berguna untuk anda.

 

  1. Lupakan Diskon

Untuk lebih memantapkan keuangan anda, mulailah membedakan antara yang namanya kebutuhan dan keinginan sehingga kita tidak terjebak untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu kita butuhkan. Biasanya anda akan melupakan hal ini ketika anda sudah menemui diskon, mulailah untuk tidak terlalu tergiur dengan diskon yang ditawarkan dan mulai lebih bijak dalam membeli sesuatu.

 

  1. Jika Terpaksa Harus Berhutang

Jika anda dihadapkan pada pilihan apakah anda harus berhutang atau tidak maka dalam kondisi tersebut anda harus tetap bisa tenang dan bijak dalam mencari solusi. Terkadang yang namanya kebuthan tak terduga kita tidak pernah tau besar nominalnya, jika memang tabungan anda masih belum cukup memnuhi kebutuhan anda, maka sebaiknya anda mencari hutang dengan gadai bpkb motor ke tempat yang bunganya rendah, misalnya saja ke teman dekat atau keluarga anda, dan juga ke pihak pegadaian pememrintah yang sudah terpercaya.

Demikian pembahasan kita kali ini yaitu tentang Cara Mengatur Sistem Keuangan Anda Agar Tetap Stabil. Untuk anda yang masih belum bisa mengatur keuangan anda, semoga informasi yang sudah dipaparkan diatas bisa membantu dan bermanfaat untuk anda, terimakasih.

Chat Sekarang
Butuh Bantuan?
Halo... Ada Yang Bisa Kami Bantu?